Jangan Keliru ! Berikut Tips Memilih Badan Sertifikasi ISO yang Tepat Untuk Bisnis Anda

ISO (International Organization for Standardization) telah menjadi tonggak utama dalam menetapkan standar internasional untuk berbagai industri. Mendapatkan sertifikasi ISO tidak hanya meningkatkan kredibilitas bisnis Anda tetapi juga menunjukkan komitmen terhadap kualitas, keamanan, dan keberlanjutan bisnis anda. Dengan banyaknya Lembaga sertifikasi yang tersedia menjadi tugas penting anda untuk memilih badan sertifikasi yang sesuai dengan bisnis anda. Berikut kami berikan tips serta panduan untuk anda dalam memilik badan sertifikasi ISO yang tepat untuk kebutuhan anda

1. Memahami Kebutuhan Bisnis Anda

Sebelum memilih badan sertifikasi ISO, penting untuk memahami kebutuhan bisnis Anda. Identifikasi standar ISO mana yang paling sesuai dengan jenis bisnis Anda dan apa tujuan Anda dalam mendapatkan sertifikasi tersebut. Apakah Anda ingin meningkatkan efisiensi operasional, meningkatkan keamanan produk, atau meningkatkan kepuasan pelanggan? Pertimbangkan faktor-faktor ini saat memilih badan sertifikasi.

2. Cari Badan Sertifikasi yang Diakui

Pastikan badan sertifikasi yang Anda pilih diakui. Ini memastikan bahwa sertifikasi yang Anda peroleh akan diakui di seluruh dunia. Cari badan sertifikasi yang terakreditasi oleh lembaga akreditasi yang diakui dan terakreditasi KAN.

3. Evaluasi Reputasi Badan Sertifikasi

Reputasi badan sertifikasi adalah faktor penting dalam memilih yang tepat. Cari tahu tentang rekam jejak badan sertifikasi dalam memberikan sertifikasi ISO. Tinjau testimonial, referensi, atau hasil audit mereka sebelumnya. Anda juga dapat meminta rekomendasi dari rekan bisnis atau mencari ulasan online dari klien mereka sebelumnya.

4. Periksa Kompetensi Auditor

Auditor adalah kunci dalam proses sertifikasi ISO. Pastikan bahwa badan sertifikasi memiliki auditor yang kompeten dan berpengalaman dalam industri Anda. Auditor yang memahami bisnis Anda akan dapat memberikan wawasan yang lebih baik dan membantu Anda mencapai kepatuhan terhadap standar ISO.

5. Pertimbangkan Biaya dan Waktu

Biaya dan waktu yang terlibat dalam proses sertifikasi ISO juga perlu dipertimbangkan. Bandingkan biaya antara berbagai badan sertifikasi, tetapi jangan hanya memilih yang paling murah. Pertimbangkan juga kualitas layanan dan nilai tambah yang mereka tawarkan. Selain itu, pertimbangkan juga estimasi waktu yang dibutuhkan untuk mendapatkan sertifikasi, serta proses perpanjangan atau pemeliharaannya.

6. Evaluasi Dukungan Pasca-Sertifikasi

Dukungan pasca-sertifikasi juga penting untuk dipertimbangkan. Pastikan badan sertifikasi menawarkan dukungan yang memadai setelah Anda memperoleh sertifikasi ISO. Ini bisa berupa pelatihan tambahan, bimbingan dalam implementasi standar ISO, atau pembaruan tentang perubahan dalam standar.

Kesimpulan

Memilih badan sertifikasi ISO yang tepat adalah langkah penting dalam memperoleh sertifikasi yang diakui secara internasional dan meningkatkan kredibilitas bisnis Anda. Dengan memahami kebutuhan bisnis Anda, mencari badan sertifikasi yang diakui, mengevaluasi reputasi dan kompetensi auditor, serta mempertimbangkan biaya, waktu, dan dukungan pasca-sertifikasi, Anda dapat membuat keputusan yang lebih baik dalam memilih badan sertifikasi ISO yang tepat untuk bisnis Anda.

PT Evodia Global Sertifikasi merupakan perusahaan jasa audit sertifikasi sistem manajemen/ISO Yang Profesional dan Terpercaya, PT Evodia Global Sertifikasi sudah berdiri selama lebih dari 10 tahun. PT EGS sudah diakui dan terakreditasi KAN. Diantara layanan Sertifikasi ISO kami adalah :

  • ISO 9001:2015
  • ISO 14001:2015
  • ISO 45001:2018
  • ISO 21001:2018
  • ISO 37001:2016

Bagi anda yang ingin melakukan sertifikasi terpercaya dan profesional bagi bisnis anda, segera hubungi kami

0851-0036-1119 ( Whatsapp )

0812-8623-2887 (Whatsapp)

021-85918872

Sumber :

Justo, Andressta. (2022). How To Choose The Right Certification Body For Your Bussines. Diakses 2 Mei 2024 Pada https://isocertificationexperts.com.au/how-to-choose-the-right-certification-body-for-your-business/.

How To Choose an ISO certification body in 2023. (2023). Diakses 2 Mei 2024 Pada https://evalian.co.uk/how-to-choose-an-iso-certification-body/.

PT EVODIA GLOBAL SERTIFIKASI

Perusahaan nasional yang bergerak dalam jasa sertifikasi dan pusat public training. pengalaman lebih dari 15 tahun di bidang audit sistem manajemen, dan profesional dibidangnya

Newsletter

Dapatkan informasi terkini dari Evodia Global terkait sertifikasi, audit, dan dunia profesional. Anda bisa membatalkan persetujuan dan berhenti berlangganan buletin ini

Phone

0851 0036 1119
Call

Email

salesinfo@evodiaglobal.co.id

Copyright ©2024. PT Evodia Global Sertifikasi, All Rights Reserved