Skema SNI ISO 9001:2015
Ruang Lingkup

ISO 9001 Sistem Manajemen Mutu - Sertifikasi ISO 9001 : 2015

Sistem manajemen mutu ISO 9001 adalah standar yang digunakan oleh banyak organisasi di seluruh dunia. Standar ini menetapkan persyaratan yang jelas dari sistem bisnis dan berkomitmen terhadap persyaratan undang-undang dan peraturan terkait. Standar ISO 9001 berlaku untuk proses bisnis yang menciptakan dan mengontrol produk dan layanan. Ini menyediakan kerangka kerja sistematis untuk operasi bisnis yang memastikan kebutuhan dan harapan pelanggan terpenuhi.”

ISO 9001 memiliki peningkatan mutu dan produktivitas organisasi, menciptakan kesadaran di antara staf tentang sistem bisnis, penggunaan bahan baku dan komunikasi internal, dll. Semua persyaratan oleh ISO 9001: 2015 bersifat umum yang berlaku untuk semua organisasi, terlepas dari jenis, ukuran dan produk atau layanan yang disediakan.

Standar ISO 9000 termasuk :

ISO 9000: 2005

Ini mengenai perincian dari dasar-dasar sistem manajemen mutu

ISO 9004: 2009

memberikan pedoman untuk peningkatan kinerja berdasarkan delapan prinsip manajemen mutu.

ISO 19011: 2011

menetapkan panduan tentang audit internal dan eksternal dari sistem manajemen mutu.

ISO 9001: 2015

(versi sebelumnya adalah ISO 9001: 2008) adalah standar persyaratan dan tujuan utamanya adalah untuk memfokuskan organisasi dalam mencapai persyaratan mutu dari produk atau layanan yang disediakan organisasi, memenuhi persyaratan peraturan yang berlaku, meningkatkan kepuasan pelanggan dan memiliki sistem untuk mencapai perbaikan berkelanjutan dalam mencapai tujuan mereka.

Manfaat Standar ISO 9001 Dalam Bisnis

Menerapkan sistem manajemen mutu membantu meningkatkan efisiensi dan efektivitas organisasi. Sertifikasi untuk ISO 9001 menunjukkan persyaratan operasi bisnis dan mendefinisikan harapan pelanggan.