Skema SNI ISO 9001:2015
Ruang Lingkup
- Mining and quarrying (2)
- Rubber and plastic product (14)
- Concrete, cement, lime, plaster, etc. (16)
- Basic Metal and Fabricated metal products (17)
- Machinery and equipment (18)
- Shipbuilding (20)
- Other transport equipment (22)
- Manufacturing not elsewhere classified (23)
- Construction (28)
- Wholesale and retail trader; repair of motor vehicle motorcycles and personal and household goods (29)
- Transport, storage and communication (31)
- Financial intermediation; real estate; renting (32)
- Information technology (33)
- Engineering services (34)
- Other services (35)
- Public administration (36)
- Education (37)
- Other social services (39)
ISO 9001 Sistem Manajemen Mutu - Sertifikasi ISO 9001 : 2015
Sistem manajemen mutu ISO 9001 adalah standar yang digunakan oleh banyak organisasi di seluruh dunia. Standar ini menetapkan persyaratan yang jelas dari sistem bisnis dan berkomitmen terhadap persyaratan undang-undang dan peraturan terkait. Standar ISO 9001 berlaku untuk proses bisnis yang menciptakan dan mengontrol produk dan layanan. Ini menyediakan kerangka kerja sistematis untuk operasi bisnis yang memastikan kebutuhan dan harapan pelanggan terpenuhi.”
ISO 9001 memiliki peningkatan mutu dan produktivitas organisasi, menciptakan kesadaran di antara staf tentang sistem bisnis, penggunaan bahan baku dan komunikasi internal, dll. Semua persyaratan oleh ISO 9001: 2015 bersifat umum yang berlaku untuk semua organisasi, terlepas dari jenis, ukuran dan produk atau layanan yang disediakan.
Standar ISO 9000 termasuk :
ISO 9000: 2005
Ini mengenai perincian dari dasar-dasar sistem manajemen mutu
ISO 9004: 2009
memberikan pedoman untuk peningkatan kinerja berdasarkan delapan prinsip manajemen mutu.
ISO 19011: 2011
menetapkan panduan tentang audit internal dan eksternal dari sistem manajemen mutu.
ISO 9001: 2015
(versi sebelumnya adalah ISO 9001: 2008) adalah standar persyaratan dan tujuan utamanya adalah untuk memfokuskan organisasi dalam mencapai persyaratan mutu dari produk atau layanan yang disediakan organisasi, memenuhi persyaratan peraturan yang berlaku, meningkatkan kepuasan pelanggan dan memiliki sistem untuk mencapai perbaikan berkelanjutan dalam mencapai tujuan mereka.
Manfaat Standar ISO 9001 Dalam Bisnis
Menerapkan sistem manajemen mutu membantu meningkatkan efisiensi dan efektivitas organisasi. Sertifikasi untuk ISO 9001 menunjukkan persyaratan operasi bisnis dan mendefinisikan harapan pelanggan.
- Memastikan persyaratan bisnis dan mendefinisikan kebutuhan harapan pelanggan
- Meningkatkan kinerja dan produktivitas organisasi
- Mengadopsi ISO dalam organisasi yang dapat diprediksi oleh proses bisnis
- Sertifikasi ISO 9001 membantu dalam memasuki pasar baru
- Bisnis mendapat pengakuan global
- Kesetiaannya pada bisnis yang meningkatkan para pemangku kepentingan
- Peningkatan komunikasi, moral dan kepuasan kerja pada karyawan