MENGATASI PENCURIAN DATA PERUSAHAAN DENGAN MENERAPKAN DAN SERTIFIKASI ISO 27001

Pencurian data perusahaan, juga dikenal sebagai cyber crime, yakni kejahatan yang kini makin umum terjadi di era digital seperti saat ini. Pencurian data perusahaan dapat merugikan perusahaan secara finansial dan reputasi, serta mengancam keamanan informasi karyawan dan pelanggan. Oleh karena itu, penting bagi perusahaan untuk mengambil tindakan yang tepat dan cepat serta efektif untuk mencegah pencurian data perusahaan. Salah satu cara yang standarnya telah diatur oleh ISO (International Standardization Organization) adalah dengan menerapkan standar keamanan informasi (SMKI) ISO 27001. Dalam artikel ini, akan dijelaskan tentang pencurian data perusahaan dan cara mengatasinya dengan menerapkan ISO 27001.

Pencurian data perusahaan adalah tindakan yang dilakukan oleh pelaku cyber crime untuk memperoleh akses ilegal ke informasi perusahaan. Pelaku cyber crime dapat mencuri informasi seperti data pribadi karyawan atau pelanggan, rahasia bisnis, dan informasi keuangan. Pencurian data perusahaan dapat terjadi melalui serangan phishing, malware, atau exploitasi kelemahan keamanan. Pelaku cyber crime dapat menggunakan informasi tersebut untuk mencuri uang atau melakukan tindakan kriminal lainnya, atau bahkan menjual informasi tersebut kepada pihak ketiga.

Untuk mengatasi pencurian data perusahaan, perusahaan dapat menerapkan berbagai langkah keamanan informasi. Salah satu cara yang efektif adalah dengan menerapkan standar keamanan informasi ISO 27001. ISO 27001 adalah standar internasional untuk manajemen keamanan informasi. Standar ini membantu perusahaan untuk membangun, mengimplementasikan, dan memelihara sistem manajemen keamanan informasi (SMKI) yang efektif.

Dalam menerapkan ISO 27001, perusahaan harus melakukan analisis risiko untuk mengidentifikasi dan mengevaluasi risiko keamanan informasi. Setelah risiko diidentifikasi, perusahaan dapat memilih kontrol keamanan yang sesuai untuk mengurangi risiko. Perusahaan juga harus melakukan audit internal dan eksternal untuk memastikan bahwa sistem keamanan informasi berjalan sesuai dengan standar ISO 27001.

Dengan menerapkan ISO 27001, perusahaan dapat mengurangi risiko pencurian data perusahaan dengan menerapkan kontrol keamanan yang sesuai. Perusahaan juga dapat meningkatkan kesadaran karyawan tentang keamanan informasi dan mengurangi risiko keamanan informasi yang tidak disengaja atau disengaja. Dengan menerapkan standar keamanan informasi yang tepat, perusahaan dapat memastikan bahwa data mereka tetap aman dan terlindungi dari ancaman cyber.

Pencurian data perusahaan adalah ancaman yang serius bagi perusahaan. Oleh karena itu, penting bagi perusahaan untuk mengambil tindakan yang tepat untuk mencegah pencurian data perusahaan. Salah satu cara yang efektif adalah dengan menerapkan standar keamanan informasi ISO 27001. Dengan menerapkan ISO 27001, perusahaan dapat mengurangi risiko pencurian data perusahaan dan memastikan bahwa data mereka tetap aman dan terlindungi dari ancaman cyber.

Perusahaan Anda sedang mencari vendor untuk sertifikasi ISO 27001? Kami juga melayani Jasa Audit Sertifikasi untuk skema lainnya serta Pelatihan In House maupun Publik.

Hubungi kami:

salesinfo@evodiaglobal.co.id

+62 851-0036-1119

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

PT EVODIA GLOBAL SERTIFIKASI

Perusahaan nasional yang bergerak dalam jasa sertifikasi dan pusat public training. pengalaman lebih dari 15 tahun di bidang audit sistem manajemen, dan profesional dibidangnya

Newsletter

Dapatkan informasi terkini dari Evodia Global terkait sertifikasi, audit, dan dunia profesional. Anda bisa membatalkan persetujuan dan berhenti berlangganan buletin ini

Phone

0851 0036 1119
Call

Email

salesinfo@evodiaglobal.co.id

Copyright ©2024. PT Evodia Global Sertifikasi, All Rights Reserved