PT Evodia Global Sertifikasi

Ciri-ciri Sertifikat ISO 9001:2015 yang Tidak Terakreditasi

Saat ini kepemilikan Sertifikat ISO 9001:2015 oleh perusahaan atau organisasi atau Lembaga Pemerintah bukan lah hal yang langka, menurut data dari ISO.org jumlah Sertifikat ISO 9001:2015 yang diterbitkan di Indonesia sejumlah 7890 buah.

Sebuah jumlah yang tergolong cukup banyak namun sayang nya diduga Sebagian kecil sertifikat tersebut masuk dalam golongan Sertifikat ISO 9001:2015 TIDAK TERAKREDITASI.

Untuk mengetahui apakah Sertifikat ISO 9001:2015 yang anda miliki termasuk Sertifikat ISO TIDAK RESMI ciri-cirinya sebagai berikut :

1.) Perusahaan memegang / memiliki Sertifikat ISO 9001:2015 NAMUN TIDAK MENERAPKAN Sistem Manajemen berstandar ISO dalam kegiatan operasional harian nya yang ciri nya adalah sebagai berikut:

a.) Perusahaan tidak memiliki dan menggunakan dokumen wajib sesuai persyaratan standar ISO 9001:2015 antara lain : manual mutu (atau dokumen penggantinya yang secara substansi memiliki kesataraan nilai informasi); membuat Daftar Analisa Risiko; Dokumen SOP (Standard Operating Procedure) tidak lengkap sesuai proses bisnis perusahaan; Dokumen Formulir tidak lengkap sesuai proses bisnis perusahaan; Dokumen instruksi kerja tidak lengkap sesuai proses bisnis perusahaan.

b.) Perusahaan tidak menunjuk (menugaskan) atau memiliki karyawan (Personel) yang bertugas dan bertanggung jawab sebagai pelaku utama dalam penerapan Standar ISO 9001:2015 seperti : Wakil Manajemen (Management Representatives ISO), Staf Document Control, dan Staf Internal Auditor yang kompeten dengan memiliki sertifikat Pelatihan sesuai bidang nya.

c.) Perusahaan tidak memiliki Notulen atau Catatan Rapat (Minutes of Meeting) tentang evaluasi penerapan standar ISO 9001:2015 di tiap Departemen / Bagian.

d.) Tidak melakukan kegiatan Internal Audit sesuai persyaratan yang diminta oleh standar ISO 9001:2015

e.) Tidak melakukan kegiatan Rapat Tinjauan Manajemen  bersama jajaran Top Manajemen seperti : Owner, Direktur, Senior Manajer, Supervisor dan Staf terkait perkembangan Penerapan standar ISO 9001:2015.

f.) Tidak melakukan kegiatan Audit berkala bersama pihak Lembaga Sertifikasi penerbit Sertifikat ISO 9001:2015 baik itu Audit Surveillance dan Audit Resertifikasi

2.) Sertifikat ISO 9001:2015 diterbitkan TANPA MELALUI PROSES Audit Sertifikasi (Initial Audit).

3.) Sertifikat ISO 9001:2015 diterbitkan oleh Lembaga Sertifikasi ISO yang BELUM MENERIMA AKREDITASI dari Lembaga Akreditasi (KAN – Komite Akreditasi Nasional) atau Lembaga Akreditasi lain nya yang tergabung dalam IAF (International Accreditation Forum).

Memiliki atau memegang Sertifikat ISO 9001:2015 yang tergolong Sertifikat TIDAK TERAKREDITASI akan membawa dampak kerugian bagi Perusahaan anda di masa kini dan yang akan datang. Pada artikel Evodia Global Sertifikasi berjudul : “Kerugian memiliki Sertifikat ISO 9001:2015 TIDAK TERAKREDITASI”, kami mengupas secara lebih detail dampak bagi perusahaan atau organisasi atau Lembaga Pemerintah.

Jika saat ini Perusahaan atau organisasi anda terlanjur memiliki Sertifikat ISO 9001:2015 yang tergolong Sertifikat iSO yang TIDAK TERKAREDITASI dan ingin melakukan “Turning Point”, tidak ada kata terlambat segera menghubungi Evodia Global Sertifikasi kami akan membantu anda memberikan informasi yang dibutuhkan.

Jika saat ini perusahaan anda belum memiliki Sertifikat ISO 9001:2015 dan membutuhkan Sertifikat ISO yang TERAKREDITASI, anda dapat menghubungi Evodia Global Sertifikasi kami akan membantu anda memberikan informasi yang dibutuhkan.

Mari membuka lembaran baru sejarah perusahaan anda dengan meraih Sertifikat   ISO 9001:2015 yang TERAKREDITASI bersama Evodia Global Sertifikasi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

PT Evodia Global Sertifikasi

Perusahaan nasional yang bergerak dalam jasa sertifikasi dan pusat public training. pengalaman lebih dari 15 tahun di bidang audit sistem manajemen, dan profesional dibidangnya

Newsletter

Dapatkan informasi terkini dari Evodia Global terkait sertifikasi, audit, dan dunia profesional. Anda bisa membatalkan persetujuan dan berhenti berlangganan buletin ini

Copyright ©2024. PT Evodia Global Sertifikasi, All Rights Reserved