PT Evodia Global Sertifikasi

Sekilas pandang tentang Sistem Manajemen Kepatuhan ISO 37301:2021

Sebelum ISO 37301:2021, ISO telah menerbitkan standar terkait, yaitu ISO 19600:2014. Standar ini membahas pedoman umum untuk mendirikan, mengimplementasikan, memelihara, dan memperbaiki sistem manajemen kepatuhan.

Namun, dalam mengembangkan standar ISO 19600:2014, kebutuhan akan panduan yang lebih rinci dan spesifik dalam mengelola kepatuhan semakin terasa. Oleh karena itu, ISO mulai mengerjakan revisi standar tersebut untuk memberikan panduan yang lebih komprehensif dalam manajemen kepatuhan.

Seiring dengan itu, ISO mengumpulkan ahli dari berbagai negara dan organisasi di bawah Technical Committee ISO/TC 309 Compliance management systems untuk mengembangkan standar baru yang lebih canggih. Proses pengembangannya melibatkan diskusi, konsultasi publik, dan pengujian yang melibatkan banyak pemangku kepentingan, termasuk praktisi industri, akademisi, regulator, dan organisasi terkait lainnya.

Setelah beberapa tahun pengembangan dan pengujian, ISO 37301:2021 akhirnya dirilis pada tahun 2021. Standar ini memperkuat panduan yang diberikan oleh ISO 19600:2014 dan menawarkan pendekatan yang lebih terstruktur untuk membangun sistem manajemen kepatuhan yang efektif.

Sistem Manajemen Kepatuhan merupakan proses, kebijakan, dan prosedur yang diimplementasikan oleh organisasi untuk mematuhi hukum, regulasi, standar industi, dan kebijakan internal yang relevan. Sistem Manajemen Kepatuhan merupakan pendekatan terstruktur untuk mengelola risiko regulasi dan hukum, serta memastikan bahwa organisasi beroperasi dalam batas-batas hukum.

Bagi sebuah perusahaan, sebuah kebijakan yang tidak mematuhi hal-hal yang bersifat peraturan yang wajib dipatuhi merupakan sebuah kerugian biaya yang sangat besar bahkan dapat berdampak hingga bersentuhan dengan risiko hukum.

Penerapan ISO 37301 Sistem Manajemen Kepatuhan akan mencakup berbagai hal, mulai dari mekanisme kontrol untuk pencegahan, deteksi dini, dan penghapusan pelanggaran. Standar ini juga mencakup prosedur untuk insiden personal, seperti pelatihan karyawan hingga regulasi terkait laporan kepada badan pengawas.

Secara umum Sistem Manajemen Kepatuhan mencakup semua struktur, dan proses yang mempengaruhi kepatuhan aturan dalam perusahaan. Sehingga perusahaan atau

organisasi mematuhi hukum, aturan, dan standar di tingkat nasional maupun internasional.

Dalam meminimalkan risiko tanggung jawab, perusahaan atau organisasi harus memperhatikan berbagai kebijakan hukum atau regulasi yang sangat berpengaruh terhadap kinerja perusahaan, antara lain :

  • Hukum Perburuhan
  • Peraturan Keselamatan & Kesehatan Kerja
  • Peraturan Lingkungan
  • Peraturan Akuntansi dan Pajak
  • Tata Kelola Perusahaan
  • Tanggung Jawab Produk
  • Kepatuhan Keamanan Informasi
  • Hukum Pasar Modal
  • Peraturan Keselamatan Lalu Lintas
  • Peraturan Ekspor dan Impor

Pihak utama yang bertanggung jawab menerapkan Sistem Manajemen Kepatuhan dalam organisasi. Di antaranya, tim majemen senior, departemen atau pegawai kepatuhan, serta tanggung jawab bersama semua pegawai dalam organisasi. Usaha yang dilakukan bersama-sama ini dapat menciptakan budaya kepatuhan, yang dapat meminimalisir risiko organisasi atas ketidakpatuhan dan menguatkan reputasi organisasi.

Bagi perusahaan atau organisasi yang memutuskan untuk menerapkan Sistem Manajemen Kepatuhan ISO 37301:2021 namun belum mengetahui Langkah-langkah yang harus dilakukan mohon dapat menghubungi Evodia Global Sertifikasi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

PT Evodia Global Sertifikasi

Perusahaan nasional yang bergerak dalam jasa sertifikasi dan pusat public training. pengalaman lebih dari 15 tahun di bidang audit sistem manajemen, dan profesional dibidangnya

Newsletter

Dapatkan informasi terkini dari Evodia Global terkait sertifikasi, audit, dan dunia profesional. Anda bisa membatalkan persetujuan dan berhenti berlangganan buletin ini

Copyright ©2024. PT Evodia Global Sertifikasi, All Rights Reserved