Sekilas pandang tentang Sistem Manajemen Organisasi Pendidikan (SMOP) ISO 21001:2018

ISO 21001 adalah standar internasional yang diterbitkan oleh Organisasi Internasional untuk Standardisasi (ISO) dengan judul “Manajemen Sistem Pendidikan – Sistem Manajemen Sekolah (SMS)”. Standar ini dirilis pada tahun 2018 dan memberikan panduan bagi lembaga pendidikan untuk mengembangkan dan mengimplementasikan sistem manajemen yang efektif.

Sejarah ISO 21001 dimulai dengan permintaan dari komunitas pendidikan di seluruh dunia untuk memiliki kerangka kerja standar yang mengakui pentingnya manajemen dalam lembaga pendidikan. ISO merespons permintaan ini dengan membentuk Technical Committee ISO/PC 288 Education, Training, and Assessment pada tahun 2012 yang terdiri dari 86 orang ahli yang berasal dari 39 Badan Standard Nasional berbagai Negara di seluruh dunia. Technical Committee tersebut terdiri dari pakar dan pemangku kepentingan pendidikan dari berbagai negara. Mereka bekerja sama dalam beberapa tahun untuk mengembangkan standar yang mencakup aspek-aspek manajemen dalam lembaga pendidikan.

Selama proses pengembangan, draf standar ISO 21001 melewati beberapa tahap, termasuk diskusi internal, peninjauan publik, dan revisi berdasarkan masukan dari berbagai pihak yang terlibat. Pada akhirnya, standar ISO 21001 disetujui dan dirilis di tahun 2018

Standar ISO 21001 menyediakan kerangka kerja untuk memperbaiki kualitas pengelolaan dan memberikan pendidikan yang lebih baik di semua tingkatan lembaga pendidikan. Standar ini membantu lembaga pendidikan dalam mengelola proses-proses pendidikan, meningkatkan kepuasan siswa, dan mencapai tujuan pendidikan yang ditetapkan.

ISO 21001 mengintegrasikan prinsip-prinsip manajemen mutu dengan kebutuhan dan kompleksitas lingkungan pendidikan. Standar ini juga menekankan pentingnya melibatkan semua pemangku kepentingan, termasuk siswa, staf, orang tua, dan masyarakat, dalam proses manajemen lembaga pendidikan.

Dengan menerapkan ISO 21001, lembaga pendidikan dapat meningkatkan efisiensi operasional, memperbaiki pengalaman siswa, dan mencapai keunggulan dalam penyediaan pendidikan. Standar ini dapat diterapkan oleh lembaga pendidikan di semua tingkatan, termasuk sekolah dasar, menengah, tinggi, dan pendidikan nonformal.

Sejak dirilisnya ISO 21001, standar ini telah menjadi acuan bagi banyak lembaga pendidikan di seluruh dunia untuk meningkatkan sistem manajemen dan memberikan pendidikan yang berkualitas.

Ruang lingkup penerapan ISO 21001 dapat mencakup berbagai aspek manajemen dalam konteks pendidikan, termasuk perencanaan strategis, pengelolaan sumber daya manusia, manajemen risiko, pemantauan dan evaluasi, pelayanan pelanggan, komunikasi internal dan eksternal, kepuasan siswa atau peserta, pengelolaan dokumentasi, dan peningkatan berkelanjutan.

Penerapan standar ini membantu organisasi pendidikan untuk mengadopsi pendekatan yang lebih terstruktur dan efektif dalam mengelola operasional mereka, meningkatkan komunikasi dan keterlibatan semua pemangku kepentingan, serta mencapai tujuan pendidikan yang ditetapkan.

Bagi Organisasi Pendidikan yang ingin menerapkan Sistem Manajemen Organisasi Pendidikan ISO 21001:2018, EVODIA GLOBAL SERTIFIKASI akan membantu memberikan informasi lebih lengkap.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

PT EVODIA GLOBAL SERTIFIKASI

Perusahaan nasional yang bergerak dalam jasa sertifikasi dan pusat public training. pengalaman lebih dari 15 tahun di bidang audit sistem manajemen, dan profesional dibidangnya

Newsletter

Dapatkan informasi terkini dari Evodia Global terkait sertifikasi, audit, dan dunia profesional. Anda bisa membatalkan persetujuan dan berhenti berlangganan buletin ini

Phone

0851 0036 1119
Call

Email

salesinfo@evodiaglobal.co.id

Copyright ©2024. PT Evodia Global Sertifikasi, All Rights Reserved