Prinsip Utama dalam Sertifikasi ISO 21001:2018 Sistem Manajemen Organisasi Pendidikan

ISO 21001 : 2018 adalah standar internasional untuk Sistem Manajemen Organisasi Pendidikan (Educa-tional Organizations Management Systems) yang dikeluarkan oleh International Organization for Stan-dardization (ISO). Standar ini memberikan pedoman bagi lembaga-lembaga pendidikan untuk mengem-bangkan, menerapkan, dan memelihara sistem manajemen yang efektif untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan layanan yang mereka berikan. Prinsip-prinsip utama dalam ISO 21001 : 2018 melibatkan pendekatan berorientasi pada siswa dan pemangku kepentingan serta peningkatan berkelanjutan. Berikut adalah penjelasan lebih lanjut mengenai prinsip-prinsip tersebut:

  1. Pendekatan Berorientasi pada Siswa (Learner-focused approach)

Standar ISO 21001 : 2018 menekankan pentingnya memahami dan merespons kebutuhan, harapan, dan karakteristik siswa. Ini mencakup identifikasi kebutuhan belajar mereka, memberikan lingkungan yang mendukung pembelajaran yang efektif, serta mengembangkan rencana pembelajaran yang sesuai dengan tujuan dan aspirasi siswa.

  1. Pendekatan Berorientasi pada Pemangku Kepentingan (Stakeholder-focused approach)

Prinsip ini mendorong lembaga pendidikan untuk mengidentifikasi dan memahami berbagai pemangku kepentingan seperti siswa, orang tua, staf, komunitas, dan pemerintah. Lembaga pendidikan diharapkan untuk berinteraksi dan berkomunikasi dengan pemangku kepentingan ini untuk mendapatkan wawasan dan masukan yang dapat membantu dalam perencanaan dan pengambilan keputusan.

  1. Peningkatan Berkelanjutan (Continual Improvement)

ISO 21001 : 2018 menekankan pentingnya lembaga pendidikan untuk terus menerus meningkat-kan efektivitas sistem manajemen mereka. Ini melibatkan proses analisis yang berkelanjutan, evaluasi kinerja, dan tindakan perbaikan berdasarkan data dan informasi yang diperoleh dari kegiatan pendidikan dan manajemen.

  1. Pendekatan Berdasarkan Bukti (Evidence-based approach)

Lembaga pendidikan diharapkan untuk membuat keputusan berdasarkan bukti yang valid dan relevan. Pengumpulan dan analisis data berkualitas digunakan untuk mengevaluasi kinerja pendidikan, mengidentifikasi masalah, dan merencanakan perbaikan.

  1. Kepemimpinan dan Komitmen (Leadership and Commitment)

Kepemimpinan dari pihak manajemen lembaga pendidikan sangat penting dalam mendukung implementasi sistem manajemen ISO 21001 : 2018. Pemimpin lembaga pendidikan harus berkomitmen terhadap kualitas pendidikan, mengarahkan sumber daya, dan memberikan contoh yang baik dalam hal pengelolaan pendidikan yang efektif.

  1. Keterlibatan Personel (Involvement of Personnel)

ISO 21001 : 2018 mengakui peran penting staf dalam keberhasilan sistem manajemen pendidikan. Mereka harus terlibat dalam perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, dan perbaikan proses pendidikan.

  1. Pendekatan Sistematis (Systematic Approach)

Prinsip ini mengingatkan lembaga pendidikan untuk mengelola pendidikan dan layanan secara terstruktur dan terkoordinasi. Semua elemen yang saling terkait dalam lembaga pendidikan harus diintegrasikan menjadi sistem yang konsisten.

  1. Tanggung jawab sosial

Organisasi yang bertanggung jawab secara sosial akan berkelanjutan dan memastikan keberhasilan jangka panjang.

  1. Aksesibilitas dan pemerataan

Organisasi yang sukses bersifat inklusif, fleksibel, transparan, dan akuntabel, untuk menangani kebutuhan, minat, kemampuan, dan latar belakang peserta didik dan peserta didik.

  1. Perilaku etis

Perilaku etis berkaitan dengan kemampuan organisasi untuk menciptakan lingkungan profesional yang etis di mana semua pihak yang berkepentingan ditangani secara adil, konflik kepentingan dihindari, dan kegiatan dilakukan untuk kepentingan masyarakat.

  1. Proteksi dan keamanan data

Organisasi menciptakan lingkungan di mana semua pihak yang berkepentingan dapat berinteraksi dengan organisasi pendidikan dengan keyakinan penuh bahwa mereka mempertahankan kontrol atas penggunaan data mereka sendiri, dan bahwa organisasi pendidikan akan memperlakukan data mereka dengan penanganan dan kerahasiaan yang tepat.

Dengan menerapkan prinsip-prinsip ini, lembaga pendidikan diharapkan dapat mencapai tujuan-tujuan pendidikan mereka secara lebih efektif, meningkatkan kepuasan siswa dan pemangku kepentingan, serta terus berusaha untuk peningkatan berkelanjutan dalam kualitas pendidikan yang diberikan.

Bagi Organisasi Pendidikan yang ingin meraih Sertifikat Sistem Manajemen Organisasi Pendidikan   ISO 21001:2018, EVODIA GLOBAL SERTIFIKASI akan membantu memberikan informasi lebih lengkap.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

PT EVODIA GLOBAL SERTIFIKASI

Perusahaan nasional yang bergerak dalam jasa sertifikasi dan pusat public training. pengalaman lebih dari 15 tahun di bidang audit sistem manajemen, dan profesional dibidangnya

Newsletter

Dapatkan informasi terkini dari Evodia Global terkait sertifikasi, audit, dan dunia profesional. Anda bisa membatalkan persetujuan dan berhenti berlangganan buletin ini

Phone

0851 0036 1119
Call

Email

salesinfo@evodiaglobal.co.id

Copyright ©2024. PT Evodia Global Sertifikasi, All Rights Reserved