Keterkaitan antara Penerapan Sistem Manajemen Organisasi Pendidikan ISO 21001:2018 dengan Borang Akreditasi Perguruan Tinggi Indonesia

ISO 21001 : 2018 adalah standar internasional yang berfokus pada sistem manajemen untuk organisasi pendidikan, termasuk institusi pendidikan tinggi.

Borang Akreditasi Perguruan Tinggi Indonesia adalah dokumen yang digunakan sebagai instrumen untuk mengumpulkan data dan informasi mengenai berbagai aspek kualitas dan kinerja sebuah perguruan tinggi yang sedang mengajukan proses akreditasi kepada Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) di Indonesia. Borang ini membantu BAN-PT dalam melakukan penilaian terhadap berbagai faktor yang berpengaruh terhadap kualitas pendidikan dan penyelenggaraan perguruan tinggi.

Borang Akreditasi Perguruan Tinggi berisi pertanyaan dan item evaluasi yang mencakup berbagai bidang seperti kurikulum, tenaga pengajar, fasilitas, manajemen, evaluasi mutu, penelitian, pengabdian masyarakat, tata kelola, dan lain-lain. Perguruan tinggi yang ingin mengajukan akreditasi perlu mengisi borang ini dengan data yang akurat dan relevan sebagai bagian dari proses penilaian oleh BAN-PT.

Isi borang tersebut akan digunakan oleh tim asesor dari BAN-PT yang melakukan kunjungan lapangan ke perguruan tinggi untuk melengkapi pemahaman mereka tentang kondisi dan kualitas perguruan tinggi tersebut. Informasi yang terkumpul dari borang serta kunjungan lapangan akan membantu BAN-PT untuk mengukur dan memastikan bahwa perguruan tinggi memenuhi standar yang ditetapkan oleh BAN-PT dalam hal kualitas dan kinerja Pendidikan yang pada akhirnya menentukan level akreditasi yang akan diberikan kepada perguruan tinggi.

Beberapa hal yang menggambarkan keterkaitan antara penerapan ISO 21001 : 2018 dengan Borang Akreditasi Perguruan Tinggi:

  1. Manajemen Organisasi Pendidikan

ISO 21001 : 2018 menekankan pentingnya manajemen yang efektif dalam organisasi pendidikan, termasuk perencanaan, pelaksanaan, pemantauan, dan peningkatan berkelanjutan. Hal ini berhubungan dengan bagaimana perguruan tinggi merencanakan dan melaksanakan kegiatan pendidikan. Dalam Borang Akreditasi Perguruan Tinggi akan memberikan informasi tentang struktur manajemen, perencanaan, pengorganisasian, dan pelaksanaan kegiatan pendidikan mereka.

  1. Kualitas Pendidikan

ISO 21001 : 2018 menekankan pentingnya layanan pendidikan yang berkualitas. Ini melibatkan memahami kebutuhan dan harapan peserta didik serta memastikan pengembangan kurikulum yang sesuai dan metode pengajaran yang efektif. Borang Akreditasi akan mencakup pertanyaan tentang kurikulum, strategi pengajaran, dan evaluasi pembelajaran yang berkontribusi pada pengukuran kualitas pendidikan.

  1. Partisipasi Pemangku Kepentingan

ISO 21001 : 2018 mendorong partisipasi aktif dari pemangku kepentingan, termasuk peserta didik, dalam pengembangan dan penyediaan layanan pendidikan.

Borang Akreditasi memberikan informasi tentang bagaimana perguruan tinggi melibatkan peserta didik, dosen, dan pemangku kepentingan lainnya dalam perencanaan dan pengambilan keputusan pendidikan.

  1. Penilaian dan Peningkatan Berkelanjutan

ISO 21001 : 2018 menggarisbawahi pentingnya pemantauan, evaluasi, dan peningkatan berkelanjutan dalam proses pendidikan.

Borang Akreditasi akan mencakup pertanyaan tentang sistem evaluasi dan peningkatan mutu yang digunakan oleh perguruan tinggi.

  1. Transparansi dan Dokumentasi

ISO 21001 : 2018 mengharuskan organisasi pendidikan memiliki dokumentasi yang memadai tentang kebijakan, prosedur, dan kegiatan pendidikan.

Borang Akreditasi akan meminta perguruan tinggi untuk memberikan informasi terperinci tentang berbagai aspek organisasi mereka, termasuk dokumen-dokumen yang mendukung.

Dengan menerapkan Sistem Manajemen Organisasi Pendidikan ISO 21001:2018 pada perguruan tinggi dapat memastikan bahwa mereka memiliki kerangka kerja yang kokoh untuk mengelola dan meningkatkan kualitas pendidikan mereka. Melalui Borang Akreditasi Perguruan Tinggi Indonesia menjadi alat konkret dalam menunjukkan penerapan praktik-praktik terkait manajemen dan kualitas pendidikan yang telah dicapai. Keduanya dapat saling melengkapi dan digunakan bersama untuk mencapai tujuan tersebut. Bagi Perguruan Tinggi yang ingin meraih sertifikat ISO 21001 : 2018, Evodia Global Sertifikasi (EGS) siap menyampaikan beberapa informasi terkait sertifikasi ISO 21001 : 2108 Sistem Manajemen Organisasi Pendidikan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

PT EVODIA GLOBAL SERTIFIKASI

Perusahaan nasional yang bergerak dalam jasa sertifikasi dan pusat public training. pengalaman lebih dari 15 tahun di bidang audit sistem manajemen, dan profesional dibidangnya

Newsletter

Dapatkan informasi terkini dari Evodia Global terkait sertifikasi, audit, dan dunia profesional. Anda bisa membatalkan persetujuan dan berhenti berlangganan buletin ini

Phone

0851 0036 1119
Call

Email

salesinfo@evodiaglobal.co.id

Copyright ©2024. PT Evodia Global Sertifikasi, All Rights Reserved