Bagaimana Kontribusi Bisnis Anda dalam menjaga Lingkungan?

Pemerintah, konsumen serta pihak yang terlibat dalam bisnis semakin kritis menanggapi perusahaan yang memberikan dampak negatif bagi lingkungan. Perusahaan dianggap hanya mengejar keuntungan tanpa berkontribusi dalam keberlanjutan ekosistem. Pihak Pihak terkait resah akan dampak dari aktivitas Perusahaan yang tidak bertanggungjawab terhadap lingkungan.

Dengan adanya keresahan tersebut, kritik terhadap perusahaan terus disuarakan. Perusahaan dituntut beroperasi secara berkelanjutan dan bertanggung jawab terhadap ekosistem. Dibutuhkan standar yang mengatur hal tersebut, Sertifikasi ISO 14001 yang mengatur Sistem Manajemen Lingkungan (SML) menjadi standar dan  membuka pintu menuju profitabilitas hijau dan keunggulan kompetitif. Standar ini dapat digunakan bisnis anda untuk tetap menjaga lingkungan

Sebuah Perusahaan tanpa adanya standar ISO 14001 akan mengakibatkan Pemborosan Sumber daya Alam yang merajalela, pengelolaan limbah yang buruk, dan polusi yang akan mengintai warga sekitar. Sebaliknya, implementasi ISO 14001 menjadi standar yang memacu perusahaan untuk mengidentifikasi, mengendalikan, dan mengurangi dampak lingkungan dari setiap aktivitas operasional secara terus menerus. Beberapa segudang manfaat dari implementasi ISO 14001  diantaranya :

  • Efisiensi biaya: Pengurangan konsumsi energi, air, dan bahan baku berujung pada penghematan biaya operasional yang signifikan.
  • Peningkatan produktivitas: Proses produksi yang lebih ramah lingkungan meminimalisir downtime dan kerusakan mesin, meningkatkan produktivitas.
  • Peningkatan citra merek: Konsumen dan mitra bisnis semakin memilih perusahaan yang peduli lingkungan, berdampak positif pada citra merek.
  • Keunggulan kompetitifSertifikasi ISO 14001 membuka peluang bisnis hijau yang menjanjikan dan akses ke pasar global yang berwawasan lingkungan.
  • Ketahanan bisnis: Adaptasi terhadap regulasi lingkungan yang semakin ketat dan pertahanan terhadap dampak perubahan iklim.

Jalan menuju ISO 14001 memang membutuhkan komitmen dan proses bertahap. Namun, langkah-langkah sederhana seperti pemetaan dampak lingkungan, penghematan energi, pengelolaan limbah yang bertanggung jawab, dan keterlibatan aktif karyawan sudah menjadi awal yang baik.

Ingat, Sertifikasi ISO 14001 bukan sekadar label di dinding, melainkan filosofi keberlanjutan yang terintegrasi dalam setiap aspek bisnis. Ini tentang beroperasi dengan cerdas, efisien, dan peduli lingkungan, memastikan keberlangsungan bisnis sekaligus berkontribusi pada masa depan yang lebih baik.

Jadi, apakah Anda siap menjadi pionir bisnis hijau dan meraih kesuksesan berkelanjutan? ISO 14001 menunggu untuk menjadi kompas perjalanan Anda menuju profitabilitas yang ramah lingkungan dan keunggulan kompetitif yang tiada tanding.

PT Evodia Global Sertifikasi merupakan perusahaan jasa audit sertifikasi sistem manajemen/ISO, salah satunya ISO 14001. Bagi Anda yang sedang mencari Lembaga Sertifikasi yang terpercaya untuk Sertifikasi ISO 14001, hubungi kami sekarang.

Untuk kebutuhan Pelatihan Awareness ISO 45001, Pelatihan dan Sertifikasi Kompetensi berlisensi BNSP/KAN dapat mengunjungi link: https://evodiaglobal.co.id/training/pelatihan-publik/

Hubungi EGS:

0851-0036-1119 (Miya)

021-85918872

miya@evodiaglobal.co.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

PT EVODIA GLOBAL SERTIFIKASI

Perusahaan nasional yang bergerak dalam jasa sertifikasi dan pusat public training. pengalaman lebih dari 15 tahun di bidang audit sistem manajemen, dan profesional dibidangnya

Newsletter

Dapatkan informasi terkini dari Evodia Global terkait sertifikasi, audit, dan dunia profesional. Anda bisa membatalkan persetujuan dan berhenti berlangganan buletin ini

Phone

0851 0036 1119
Call

Email

salesinfo@evodiaglobal.co.id

Copyright ©2024. PT Evodia Global Sertifikasi, All Rights Reserved