Menggabungkan ISO 14001 dan AMDAL untuk Pengelolaan Lingkungan yang Lebih Baik

ISO 14001 dan Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (Amdal) adalah dua system yang kuat dalam upaya menjaga keseimbangan antara pengembangan ekonomi dan perlindungan lingkungan. Meskipun keduanya memiliki pendekatan yang berbeda, penggunaan bersama-sama dapat memberikan manfaat yang signifikan bagi organisasi dalam mengelola dampak lingkungan dari kegiatan mereka.

Apa itu ISO 14001?

ISO 14001 adalah standar internasional yang memberikan kerangka kerja untuk pengelolaan lingkungan oleh organisasi. Dengan fokus pada sistem manajemen lingkungan, ISO 14001 membantu organisasi mengidentifikasi, mengukur, mengelola, dan memperbaiki dampak lingkungan mereka secara berkelanjutan.

Apa itu Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (Amdal)?

Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (Amdal) adalah proses evaluasi yang menyeluruh terhadap dampak potensial suatu proyek atau kegiatan terhadap lingkungan. Amdal bertujuan untuk mengidentifikasi dampak negatif yang mungkin terjadi dan merencanakan tindakan mitigasi untuk mengurangi atau menghindari dampak tersebut.

Keterkaitan antara ISO 14001 dan AMDAL

  1. Pendekatan Sistematis: Baik ISO 14001 maupun Amdal mengusung pendekatan sistematis dalam mengelola dampak lingkungan. ISO 14001 menggunakan pendekatan sistem manajemen untuk mengintegrasikan praktik-praktik lingkungan ke dalam semua aspek operasional, sedangkan Amdal menggunakan pendekatan analisis yang terstruktur untuk mengidentifikasi dampak dan solusi potensial.
  2. Komitmen terhadap Kepatuhan: ISO 14001 menekankan pentingnya kepatuhan terhadap peraturan dan perundang-undangan lingkungan yang berlaku, sementara Amdal sering kali merupakan persyaratan hukum yang harus dipenuhi sebelum memulai proyek besar yang memiliki potensi dampak lingkungan yang signifikan.
  3. Peningkatan Kinerja Lingkungan: Keduanya bertujuan untuk meningkatkan kinerja lingkungan dengan mengidentifikasi dan mengelola dampak lingkungan secara efektif. ISO 14001 melakukannya melalui perbaikan berkelanjutan dalam sistem manajemen, sementara Amdal melakukannya dengan merencanakan tindakan mitigasi untuk mengurangi dampak negatif.

Manfaat Penggunaan Bersama-sama

  1. Peningkatan Efisiensi: Integrasi antara ISO 14001 dan Amdal dapat menghasilkan proses yang lebih efisien dalam mengelola dampak lingkungan. ISO 14001 memberikan kerangka kerja umum, sementara Amdal memberikan analisis yang lebih mendalam untuk proyek-proyek tertentu.
  2. Penguatan Kepatuhan: Dengan menggabungkan keduanya, organisasi dapat memastikan bahwa mereka tidak hanya mematuhi persyaratan hukum yang ada, tetapi juga menerapkan praktik terbaik dalam pengelolaan lingkungan.
  3. Pengambilan Keputusan yang Lebih Baik: Kombinasi antara pendekatan sistematis ISO 14001 dan analisis yang komprehensif dari Amdal memberikan informasi yang lebih baik kepada pengambil keputusan, memungkinkan mereka untuk membuat keputusan yang lebih baik dalam hal pengelolaan risiko lingkungan.

Kesimpulan

ISO 14001 dan Amdal adalah dua alat yang kuat dalam pengelolaan lingkungan. Sementara ISO 14001 memberikan kerangka kerja umum untuk pengelolaan lingkungan secara keseluruhan, Amdal menyediakan analisis mendalam tentang dampak lingkungan dari proyek-proyek spesifik. Dengan mengintegrasikan kedua pendekatan ini, organisasi dapat meningkatkan kinerja lingkungan mereka secara keseluruhan, menjaga keseimbangan antara pembangunan ekonomi dan keberlanjutan lingkungan.

Sumber :

Dayankac, A. ( 2024, 23 Februari ). Sistem Manajemen Lingkungan Panduan Utama. Diakses      pada 17 April 2024, dari https://www.dqsglobal.com/id-id/informasi/blog/sistem-manajemen-lingkungan-panduan-utama.

Hasyim, H. ( 2022, Mei ). Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (AMDAL). Sumatera Barat: PT Global Eksekutif Teknologi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

PT EVODIA GLOBAL SERTIFIKASI

Perusahaan nasional yang bergerak dalam jasa sertifikasi dan pusat public training. pengalaman lebih dari 15 tahun di bidang audit sistem manajemen, dan profesional dibidangnya

Newsletter

Dapatkan informasi terkini dari Evodia Global terkait sertifikasi, audit, dan dunia profesional. Anda bisa membatalkan persetujuan dan berhenti berlangganan buletin ini

Phone

0851 0036 1119
Call

Email

salesinfo@evodiaglobal.co.id

Copyright ©2024. PT Evodia Global Sertifikasi, All Rights Reserved